Tuesday, 26 January 2021

APLIKASI PENDATAAN WARGA DENGAN MICROSOFT ACCESS

Selamat Datang Di Blog "Ini Cerita Anak Kuliah"

 

Program Microsoft Access digunakan untuk mengelola basis data dan juga dikenal sebagai Microsoft Office Access semestinya pada kenyataan ia dibundel bersama dalam deretan perangkat lunak Microsoft Office , juga termasuk program seperti Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Microsoft Access pertama kali dirilis pada tahun 1992, dirancang untuk bekerja pada Sistem Operasi Windows dengan edisi lebih awal.

Tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat aplikasi pendataan warga :

1.    Membuat tabel yang nantinya akan diisi melalui form.

2.    Membuat form untuk akses aplikasi dan data yang diisi dapat dicetak ke dalam report.

3.    Membuat report dengan desain surat pengantar dari RT untuk pembuatan KTP.

 

MEMBUAT QUERY

Query digunakan untuk memudahkan kita dalam mencari data yang diinginkan, sehingga data yang muncul adalah data yang hanya kita mau dan data yang lainnya tetap terjaga.

 

Tahapan-tahapan membuat Query




Tahapan membuat Query
:

1. Klik menu create lalu pilih Query Design

2. Lalu kita ambil data kita yaitu pada table Data Penduduk dan pilih add

3. Kemudian kita masukan data pada Data Penduduk kedalam field



 

4. Setelah kita masukan kedalam field selanjutnya kita program field yang ingin kita pakai nantinya sebagai pencarian data. Disini saya menggunakan data Nama lengkap untuk pencarian datanya maka ketikan program ini pada kolom criteria Nama Lengkap.

[Forms]![Formulir Data Penduduk]![Nama Lengkap]

 



 

5. Selanjutnya setelah kita membuat Query lalu kita klik save dan close tab pada Ms Access kemudian kita coba buka report maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.



6. Kita masukan Nama Lengkap Kita dan akan menampilkan data yang kita inginkan.

 




MEBUAT REPORT

Report merupakan suatu wadah untuk menampilkan informasi yang kita inginkan yang nantinya hasil dari report bisa kita pergunakan untuk kebutuhan kita.


Tahapan-tahapan pembuatan report yaitu :

1. Klik menu Create lalu pilih Report Design

2. Lalu Design sesuai yang kita inginkan, ada 3 bagian yaitu Header sebagai bagian atas, Detail sebagai isi dan Footer untuk sebagai bagian bawah.

3. Pertama yaitu bagian Header, yaitu dengan menambahkan picture dan label sebagai tulisan yang kita inginkan. Letak label berada pada menu Controls


4. Kemudian yang Kedua, untuk membuat Detail atau isi kita bisa menambahkan label sebagai tulisan yang nantinya akan muncul pada report.



5. Untuk bagian Nomor surat, Nama, NIK, dll dapat menggunakan Text Box pada menu Controls kemudian kita ubah format datanya. Sebagai Contoh disini saya mau memberikan No Hp pada Text Box saya maka setelah saya membuat Text Box kemudian klik Property Sheet kemudian ubah Control Source menjadi No. HP



6. Lakukan hal itu secara berulang sampai data yang ingin ditampilkan sudah sesuai kebutuhan

7. Dan yang ketiga, yaitu membuat Footer dimana didalam footer terdiri dari tanda tangan atau bagian bawah surat, maka kita Cuma membutuhkan label.



8. Untuk bagian tanggal pada Footer dapat dilakukan sama seperti bagian detail yaitu menambahkan Text Box dan ubah Source menjadi Tanggal Diterbitkan .

9. Kemudian save dan Selesai

 

Dengan kita membuat report maka informasi yang disampaikan akan jelas dan kita tidak perlu susah payah untuk mengetikan surat baru lagi untuk orang yang berbeda atau kebutuhan yang berbeda.

 

MEMBUAT SWITCHBOARD




SwitchBoard yaitu sebuah menu dimana nantinya akan berisikan menu-menu yang ingin kita inginkan, jika kita ingin ke menu report maka nantinya akan ditujukan ke report. Bisa dibilang SwitchBoard ini adalah tampilan awal dari banyaknya menu-menu pilihan.

 

Tahapan-tahapan membuat SwitchBoard yaitu:

1. Pada Quick Toolbar Access terdapat menu SwitchBoard



2. Kemudian akan muncul SwitchBoard Manager dan klik Edit

 



3. Kemudian kita bisa isi Judul yang nantinya ditampilkan di SwitchBoard, dan kita bisa memberikan menu-menu dengan cara klik new pada kolom Item SwitchBoard.

4. Setelah Klik New, kemudian isi Text, Command dan SwitchBoard sesuai yang nantinya akan ditampilkan.



 

5. Lalu Klik OK kemudian lanjutkan sampai kebutuhannya terpenuhi, disini saya ada menu report, formular dan exit

6. Kemudian kita ke menu SwitchBoard yang ada pada menu Forms, dan akan menampilkan tampilan seperti gambar dibawah ini.



 

                      7. Save dan pekerjaan kita sudah selesai.

                      Menu SwitchBoard ini sangat berguna buat kita, kita hanya memilih menu yang ingin kita inginkan saja maka nanti aja menampilkan menu yang kita inginkan

 

Simpan semua file dan coba jalankan.


Untuk melihat cara membuat Tables dan Form bisa lihat disini KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment